Nasi Viral yang Dibuat dari Umbi Porang: Wajib Coba!

Pokoknya kalau gak makan nasi putih, fix belum jadi orang Indonesia”  

Nah… Siapa nih yang sering banget dengar kalimat kayak gitu? Seenak dan sebanyak apapun makanannya, belum afdol kalau gak makan pakai nasi putih hangat. Hayoo, Rencang Hanoman juga begitu tidak?

Tenang… Gak salah kok. Nasi putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti meningkatkan energi dan membantu perkembangan tubuh. Makanya tidak heran, kalau Rencang Hanoman bisa merasa mudah lelah kalau belum makan nasi putih. Eitss.. Tetapi, ingat untuk makan nasi putih secukupnya, ya. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik. Bisa-bisa, Rencang Hanoman terkena risiko peningkatan gula darah dalam tubuh.

Lalu, apakah ada makanan pengganti nasi putih yang juga kaya akan manfaat?

Uniknya, makanan tersebut dibuat dari tanaman yang bisa kalian temukan dengan mudah di Indonesia. Namanya nasi shirataki. Itu loh, makanan yang famous banget buat diet. Sini, kita belajar bareng yuk!

Nasi shirataki adalah makanan yang berasal dari tanaman umbi porang. Bentuk umbi porang bulat dan dagingnya berwarna kuning. Dalam prosesnya, umbi porang akan digiling dan menjadi tepung dan akhirnya menjadi bahan dasar pembuatan nasi shirataki.

Terus apa dong bedanya dengan nasi biasa? Jelas beda dong.. 

Dilansir dari Liputan 6, kandungan tepung umbi porang sebagian besar adalah serat glukomanan. Sehingga, dapat disebut rendah kalori. Serat glukomanan juga dapat meningkatkan rasa kenyang, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol darah. Sehingga, kandungan kalori dan karbohidrat pada nasi shirataki lebih rendah dari nasi putih. Selain itu, serat glukomanan juga efektif untuk menurunkan berat badan. Tertarik untuk mencobanya tidak nih, Rencang Hanoman?

Wah, menarik ya. Tapi ternyata, umbi porang tidak hanya bisa buat nasi shirataki saja, lho. Ada banyak makanan yang bisa dibuat dari umbi porang, misalnya jelly, bakso, mie, aneka kue, hingga keripik. Coba tebak, ada makanan apa lagi yang bisa dibuat dari umbi porang?

Sekian dulu belajar kita hari ini. kita bertemu lagi di artikel lainnya, yang akan membahas banyak hal menarik tentang alam sekitar kita. Jika Rencang Hanoman ingin mengenal dan mempelajari lebih lanjut tentang tanaman atau tumbuhan, kalian bisa datang ke Kebun Hanoman! Rencang Hanoman juga bisa sekedar berteduh dan menikmati alam hijau yang memanjakan mata. 

Ditunggu kedatangannya, ya!

Lho, Memangnya Sampah Bisa Kita Minum?