Masakan Ares, Menu Kuliner yang Beken di Lombok

Halo Rencang Hanoman! Siapa nih yang hobi keliling Indonesia hanya untuk wisata kuliner? Pastinya akan menjadi pengalaman yang luar biasa karena punya kesempatan untuk mengetahui budaya Indonesia berupa makanan unik dari berbagai daerah di Indonesia, yaa! Apakah kalian tahu? Ada makanan unik yang bisa Rencang Hanoman temukan dengan mudah hanya di Lombok, lho! Namanya sayur ares. Mirip nama orang yaa? Jadi, sebenarnya sayur ares itu apa sih?


Kenalan dengan Si Ares

Ternyata ada lho bagian dari pisang yang bisa dinikmati oleh satu kampung. Yap… Pelepah pisang! Pelepah pisang bisa diolah menjadi sajian yang bikin ngiler. Namanya adalah sayur ares, makanan khas suku Sasak, Lombok. 

Sayur ares nantinya akan dimasak dengan memadukan gurihnya santan dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya. 

Rencang Hanoman tahu, kalau sayur ares memiliki cerita yang tidak diketahui oleh banyak orang lho!

Sayur ares menjadi makanan yang menolong masyarakat Lombok pada saat dilanda musim kemarau panjang. Pada saat itu, pohon pisang menjadi satu-satunya tumbuhan yang masih bertahan hidup. 

Sebelum diolah menjadi hidangan gurih manis, pelepah pisang hanya digunakan untuk makanan para ternak. Dilansir dari berita mandalika, salah satu warga Lombok, Loq Ares, menjadi pencetus masakan pelepah pisang ini. Itulah alasan mengapa sayur itu dijuluki sayur ares. 

Ada fun fact lainnya lho, Rencang Hanoman! Ternyata, sayur ares menjadi hidangan wajib bagi masyarakat suku Sasak apabila sedang mengadakan hajatan dan menjadi sebuah tradisi turun temurun. Bahkan, pelepah yang digunakan harus menggunakan pisang kepok supaya hasilnya lebih enak dan tidak terasa pahit. Jadi penasaran sama rasanya ya, Rencang Hanoman?


Lalu, apakah pelepah pisang itu sehat?

Eitss, jangan salah! Sayur ares punya banyak serat yang bisa membuat tubuh Rencang Hanoman sehat. Mulai dari zat besi hingga vitamin B6 bisa kalian dapatkan lho. Apalagi, sayur ares ini juga aman untuk penderita asam lambung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Wahh… Paket komplit pokoknya! 

Selain pelepah pisang, ada tanaman kunyit dan jahe yang juga bisa digunakan untuk meredakan asam lambung dan diabetes lho! Rencang Hanoman bisa eksplorasi lebih banyak tanaman menyehatkan lainnya hanya di Kebun Hanoman!

Sampai bertemu di Kebun Hanoman, ya!

Olah Mangga, Langsung Dapat Lezat dan Sehatnya