Lindungi Tanaman dari Kehausan dan Kekeringan

Wahhh.. Beberapa hari ini Rencang Hanoman merasa sangat kepanasan dan sering kehausan tidak, sih? Rasanya, minum 8 gelas air putih saja tidak cukup. Bahkan, kalau sudah berada di tempat yang dingin, tidak mau pindah lagi karena sudah nyaman.

Tidak cuma manusia, tumbuhan dan hewan juga bisa merasakan kepanasan dan kehausan, lho. Bahkan tumbuhan yang tahan panas juga dapat kering dan mati. Nah, Rencang Hanoman ada tidak nih yang suka menanam dan merawat tanaman, atau bahkan sampai punya kebun kecil? Dalam kondisi cuaca panas yang ekstrim ini, Rencang Hanoman harus ekstra dalam menjaga dan melindungi kehidupan tanaman kalian, ya. Kita belajar lebih dalam lagi, yuk!

Tanamannya Jadi Menunduk, Kenapa Ya?

Ada yang tahu jawabannya tidak nih, Rencang Hanoman? Kok bisa tanaman akan kering dan menunduk jika terlalu sering terpapar sinar matahari? Pada dasarnya, ketika suhu meningkat, pertumbuhan tanaman akan meningkat juga. Sehingga, proses fotosintesis yang terjadi akan membutuhkan lebih banyak energi. Hal tersebut dapat menghabiskan cadangan makanan berupa air, yang dimiliki oleh tanaman tersebut. Akibatnya, tanaman bisa mati karena menipisnya makanan yang mereka miliki. 

Selain itu, suhu yang panas juga bisa membuat air menjadi berkurang jumlah nya dan mengering. Jika kekeringan, maka tidak ada air yang bisa disalurkan menuju daun dan bagian tanaman lainnya. Sehingga, kandungan air yang ada dalam daun dapat berkurang dan layu. Lalu, kita harus berbuat apa supaya bisa melindungi tanaman atau kebun kita?

Cara yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sama seperti manusia, tanaman itu juga bisa stress lho. Rencang Hanoman bisa ikut menolong mereka dengan melakukan beberapa cara ini:

Rutin disiram

Suhu panas yang ekstrim dapat membuat tanaman kehausan. Sehingga penting bagi Rencang Hanoman untuk tetap menjaga kelembaban tanah. Rencang Hanoman dapat mencoba untuk menyiram tanaman pada pagi hari saat sinar matahari belum panas. Hal tersebut untuk memperlambat penguapan air dan air bisa terserap maksimal oleh tanaman.

Memperhatikan letak tanaman

Rencang Hanoman dapat memindahkan tanaman dalam pot ke tempat yang lebih teduh. Bisa diletakkan di bawah tenda atau pohon yang lebih besar. Sehingga, tanaman tersebut masih cukup mendapatkan sinar matahari, namun tidak terlalu terpapar matahari. Kain peneduh juga bisa menjadi pilihan Rencang Hanoman untuk melindungi tanaman dalam tanah.

Berikan Pupuk Kompos dan Mulsa

Untuk menjaga kelembaban tanah, Rencang Hanoman dapat menimbun kompos pada sekitar tanaman, hingga pada kedalaman 10 cm. Selain itu, Rencang Hanoman juga bisa memberikan mulsa pada tanaman untuk mengurangi stres pada tanaman, jaga kelembaban tanah, memantulkan sinar matahari, dan menjaga tanaman tetap sejuk. Caranya, cukup dengan menggunakan daun yang dihancurkan, jerami, potongan rumput, dan serpihan kayu.

Nah, sekarang Rencang Hanoman sudah tahu kan jika ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan menjadi pelindung tanaman kalian yang terkena cuaca panas ekstrem. Jadi, bukan hanya manusia saja yang perlu pencegahan saat menghadapi cuaca ekstrem ini, tanaman juga memerlukan perhatian ekstra dari Rencang Hanoman. 

Jangan lupa untuk sebarkan artikel ini dan ajak teman Rencang Hanoman untuk lebih menyayangi tanaman. Rencang Hanoman juga bisa datang langsung ke Kebun Hanoman untuk belajar lebih banyak mengenai tanaman bersama para Bolo Hanoman di sana.

Sampai jumpa!

Katanya Kelapa Muda Itu....