Daun Pisang, si Selimut Makanan

Hai, Rencang Hanoman! 

Semoga semua berkabar baik ya! Siapa nih yang suka banget makan? Kumpul di sini yuk! Atau mungkin ada Rencang Hanoman yang punya keinginan untuk bisa menjelajah rasa di Indonesia, jadi food vlogger misalnya? Rencang Hanoman bisa menemukan banyak sekali keunikan makanan khas daerah, mulai dari bentuk, rasa, hingga pengemasan makanan tersebut.

Rencang Hanoman pasti pernah melihat makanan yang dibungkus dengan daun, kan? Nah, itu juga salah satu keunikan makanan di Indonesia lho. Salah satunya, Rencang Hanoman bisa menemukan makanan yang terbalut dengan daun pisang, misalnya ada lemper, nagasari, arem-arem, pepes, nasi timbel, dan lain sebagainya. Ada yang sudah pernah merasakan makanannya?

Tapi apakah kalian pernah terpikirkan, kenapa ya pakai daun pisang? Memangnya gak bisa pakai piring biasa? 

Ternyata, daun pisang bisa memberikan manfaat untuk makanan. Daun pisang yang biasa digunakan adalah daun pisang batu, pisang kepok, pisang ambon, dan pisang raja karena daun tersebut tidak memiliki pori-pori di dalamnya. Lanjut simak sampai bawah, yuk!

  • Membuat Makanan Lebih Beraroma

Salah satu kekuatan daun pisang adalah bisa membuat makanan yang terbungkus menjadi beraroma wangi. Selain itu, cita rasa makanan dapat menjadi lebih sedap lho. Apalagi, jika makanan tersebut diolah dengan cara dibakar. Cobain, deh!

  • Ramah  Lingkungan

Ada alasannya mengapa daun pisang bisa ramah lingkungan juga. Daun pisang dapat terurai dengan baik. Selain itu, daun pisang juga dapat dimasukkan ke dalam pupuk kompos sehingga, dapat menyuburkan tanaman.

  • Perlindungan dari Bakteri

Makanan akan terbungkus dengan rapat dan aman jika menggunakan daun pisang dibandingkan dengan bahan yang menggunakan plastik. Jadi, makanan tidak akan terkontaminasi bakteri atau kuman dan tidak terkena bahan kimia lain.

  • Kaya Antioksidan

Daun pisang memiliki kandungan antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk melawan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan dapat membuat tubuh kita jadi tidak gampang sakit. Kandungan tersebut dapat terserap pada makanan yang dibungkus dengan daun pisang.

Nah, itu dia kegunaan dari daun pisang untuk menyajikan makanan. Apakah Rencang Hanoman dapat menyebutkan makanan apa lagi yang dibungkus dengan daun pisang? 

Temukan berbagai pengetahuan lainnya hanya di artikel Kebun Hanoman atau Instagram @kebunhanoman yaa.. Oh iya, bagi Rencang Hanoman yang ingin bermain tapi sambil belajar, bisa banget loh untuk mengunjungi Kebun Hanoman. Akan ada banyak sekali buah dan sayur-sayuran yang bisa kalian temui dan pelajari. Ditunggu ya kehadiranmu! 👋🏻

Olah Mangga, Langsung Dapat Lezat dan Sehatnya